Ungkap Fakta - Berani dan Tajam.

Mbak Ela, dengan segudang pengalaman siap Makmur kan masuk Lampung timur.

Gambar
GMLNEWSTV.COM - Lampung Timur - Sosok Ela Siti Nuryamah, ternyata orang Desa, sejak tahun 2009 tinggal di kediaman nya Desa Sidorejo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Begitu dikatakan salah seorang aktivis kabupaten itu. Sekampung Udik 18 September 2024 Adalah Amir Faisol saat ini aktif menjadi Ketua Markas Cabang Laskar Merah Putih ( LMP Macab) Lampung Timur.  Menurutnya, Mbak Ela merupakan sosok Ndeso yang mulai meniti karir di dunia politik pada tahun 2009. Hingga masuk ke dalam kancah politik Nasional, menjadi anggota DPR RI periode, 2019-2024. Kepada awak media, saat berada di aula belakang rumah kediaman Mbak Ela, di Desa Sidorejo, Amir Faisol mengatakan, dimana saat ini, kabupaten Lampung timur akan memiliki Bupati muda kelahiran 1983 yang sangat sederhana dan merakyat, dengan memiliki segudang prestasi serta pengalaman. Dari berbagai prestasi tersebut, mbak Ela bertekad akan mewujutkanLampung Timur yang makmur. ,"itu bukan tak beralasan, Sosok

BMKG Minta Waspadai Gempa Sesar Cimandiri Intai Jakarta Termasuk Banda Aceh, Bandar Lampung, dan Kota Agung


GMLNEWSTV.COM-Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (sumber: SS Zoom/BMKG)

 Jumat, 03 Maret 2023      5047 Views     Amiruddin Sormin     Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) mengimbau agar selalu mewaspadai potensi gempa di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Jakarta yang dalam intaian Sesar Cimandiri. Sesar Cimandiri merupakan sesar aktif yang berkaitan dengan jalur Sesar Citarik dan Sesar Cipamingkis. 


"Hal itu kata Dwikorita Karnawati Kepala BMKG saat seminar nasional di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (2/3/2023). Dwikorita Karnawati menjabarkan bahwa daerah yang berada di zona Sesar Cimandiri itu adalah Pelabuhan Ratu di Jawa Barat dan Sukabumi.


Berdasarkan data analisa sesar aktif itu terdapat Segmen Cimandiri, kemudian Nyalindung-Cibeber dan Rajamandala yang berarah Timur Laut-Barat Daya dan menerus ke Teluk Pabuhan Ratu (Teluk Pelabuhan Ratu). Bukan itu saja, sambung Dwikorita Karnawati saat beberkan potensi bencana dalam agenda seminar nasional bertajuk 'Mitigasi Bahaya Secara Cepat Sebagai Upaya Antipasi Dini Untuk Memahami Potensi Bahaya Gempa Bumi dan Resikonya'. 


"Potensi gempa kuat akibat aktivitas multi segmen sesar aktif bersenggolan dengan zona Sesar Palu Karo," katanya. Ada pun zona segmen Sesar Palu-Kuleana bersinggungan dengan Segmen Sesar Palolo A dan Palolo B, "Itu segmen sesar aktif," ungkap Dwikorita, seperti dikutip gmlnewstv@gmail.com , Jumat (3/3/2023). 


Jadi akan saling memicu sesar bila terjadi gempa, dan memang ini persoalan kompleks yang sedang dihadapi Indonesia. BMKG mengimbau agar saling sinergi untuk siaga dan melakukan mitigasi bencana alam gempa bumi. "Kita harus belajar dari bencana gempa seperti yang terjadi di Turki. Sebab, aktivitas multi segmen sesar aktif sangat berpotensi kuat," kata Dwikorita pada kesempatannya.


Ada pun untuk Sesar Semangko, khususnya Kota Bandar Lampung dan Kota Agung dekat Segmen Kumering Utara, Kumering Selatan, Semangko Barat, dan Semangko Timur berarah Baratlaut-Tenggara dan menerus ke Teluk Semangko. Potensi gempa kuat dipicu aktivitas multi segmen sesar aktif juga dapat terjadi di Kota Banda Aceh. 

Di zona tersebut ini terdapat Segmen Aceh dan Seulimeum. Zona sesar utama ini sangat berdekatan dengan jalur Sesar Pidie Jaya, Batee, Tripa, dan Peusangan vang semua merupakan jalur sesar aktif. "Semua paparan ini bukan untuk menakuti. Tapi untuk edukasi. Kepala daerah harus memperhatikan tata ruang,  building code. Sekolah, rumah sakit harus aman dari gempa," pungkasnya


Editor (slm)

Komentar

gmlnewstv@gmail.com

Kejadian Malam Takbiran di bukit kemuning bukan tawuran,melainkan perkelahian dengan pengeroyokan.

Seorang Bandar Sabu di Ringkus Sat Res Narkoba Polres Lampung Utara - GMLNEWSTV.

Terjadi Lagi Ilegal Logging Di Hutan Kawasan Lampung Utara, "Publik Menanyakan Apa Kerja Polhut Dinas Kehutanan Kabupaten Lampung Utara"

Waspada ! Ada Buaya Besar Berenang Di Sekitar Pantai Kalianda

Polsek Bukit Kemuning Melimpahkan Barang Bukti Perkara Ilegal Logging Polres Lampung Utara

Tentang Ucok Aritonang, Wartawan Senior yang Hari Ini Meninggal Dunia

Warga Pasar Baru Di Gegerkan Penemuan Mayat Gantung Diri Di dalam rumah nya.

Dugaan Tindak Pidana Ilegal Logging Kayu Sonokeling Masih Dalam Proses.

Keseret Ombak warga Karet, kalianda,meninggal Dunia.

Aksi LSM GMBI, AMHLS, Itu Sudah Basi Jangan Intervensi KPK, Hanya Untuk Kepentingan Politik,